Halaman

Sabtu, 25 Januari 2014

Kabut-pun Tak Akan Mengalahkan Pesonamu (Part 2)

...Setelah kami semua makan, kami langsung melanjutkan perjalanan menuju lokasi kedua, Kawah Bromo. Selama perjalanan menuju Kawah Bromo kami disuguhkan dengan pemandangan yang cukup fantastis. Maklum, kami lewat jalan ini sekitar jam 4 pagi dan tidak ada pemandangan yang bisa kami lihat.

Rupanya kami sedikit beruntung ketika turun dari Penanjakan, kabut mulai hilang dan WOOOW... lansekap Gunung Bromo dengan lautan pasirnya ditambah dengan cahaya matahari yang samar-samar tertutup awan menyapa kita selama selama perjalanan. Hingga salah satu dari teman kami mencolek di supir, "Pak, boleh berhenti sebentar? Kami mau foto-foto lagi soalnya tadi diatas ada kabut" dan supir-pun meng-iya-kan.

Foto Dulu

Foto Lagi
Sesudah foto-foto, kami langsung melanjutkan perjalanan lagi

Akhirnya sampai juga di area kawah bromo. Dan ketika kami mau turun dari Hardtop, sudah banyak penduduk setempat yang menawarkan jasa naik kuda untuk menuju tangga kawah bromo. Karena kami masih muda dan berkantong mahasiswa, jadi kami sepakat untuk berjalan kaki. Hehehehe...

Hal pertama ketika sampai disini adalah jelas...foto-foto lagi. Beberapa dari kami terlihat sangat girang ketika melihat lautan pasir seluas ini, mungkin karena terlalu muak dengan lika-liku kehidupan kota yang sempit.

Tujuan kami mendaki Gunung Bromo ini selain untuk wisata, kami ingin mengibarkan bendera himpunan di kampus kami, sehingga kami tentu saja mencari tempat yang pas untuk mengibarkan bendera berukuran 4x4 meter ini. Dan akhirnya kami mendapatkan tempat itu.

Bendera Himpunan
 Karena kondisi tanah yang bergelombang dan banyak kurva, salah satu teman kami ada yang menyarankan untuk foto ala film 5 cm tapi yang foto 12 orang. Oke, selagi disini foto gaya apapun pasti bagus.

12 cm, yang satunya motret hehehe
Setelah puas foto-foto, kami menyadari bahwa perjalanan menuju Kawah Bromo masih jauh dan salah satu teman kami mengingatkan "Perjalanan kita masih jauh, jangan habiskan tenaga disini." Akhirnya kami melanjutkan pendakian menuju Kawah Bromo.

Setelah berjalan melalui lautan berpasir, langkah terakhir adalah menaiki 200 lebih anak tangga untuk menuju ke bibir kawah. Mau tidak mau kami harus melakukan itu. Karena tangga yang disediakan sangat sempit, pihak dari Bromo menyediakan 3 tempat istirahat di sepanjang tangga itu. Setelah menaiki tangga yang kelihatannya sedikit itu, akhirnya kami sampai di bibir kawah. Dan lagi-lagi pemandangan eksotis menyapa kami.

Cuplikan perjalanan kami dari tempat parkir (tertutup awan) sampai tempat foto ini diambil
Dan hambatan datang lagi. Karena angin yang kencang, belerang yang ada dalam kawah ikut terbawa angin sehingga membuat mata kami perih dan nafas agak tersengal. Tapi masih saja ada yang nyeletuk "Wah enak nih yang punya jerawat kena belerang pasti hilang jerawatnya" entah itu benar atau tidak. Hahahaha...

Setelah foto-foto diatas bibir kawah, akhirnya kami turun untuk melanjutkan perjalanan kami menuju lokasi ketiga, pasir berbisik. Karena harus melewati tangga lagi dan kondisi kami yang sudah cukup lelah, beberapa dari kami memilih untuk nggelundung lewat bukit pasir daripada harus menuruni tangga.

Pasir berbisik adalah salah satu lokasi di kawasan Gunung Bromo yang menyerupai padang pasir. Konon katanya kalau angin sangat kencang dan mengenai butiran pasir yang ada disini akan mengeluarkan suara layaknya orang berbisik, karena itulah lokasi ini disebut pasir berbisik.

Bendera himpunan di pasir berbisik

Narsis dulu di pasir berbisik

Cihuuuuuuuuuyyyy

Lokasi terakhir adalah padang savana atau bukit teletubies. Disebut demikian karena kontur tanah disini menyerupai bukit berumput seperti pada film animasi teletubies. Kami sampai disini sekitar jam 10 pagi dan perut sudah mulai meraung-raung lagi. Untung pada saat kami datang ada penjual makanan disini dan sejenak kami mengisi perut karena sudah lapar ditambah dengan udara dingin yang menusuk.

Yeah!

Foto dulu depan hardtop

Sok-sok jadi model

Kumpul dulu

Tidak terasa waktu menunjukan pukul 11 siang dan gerimis mulai turun. Supir-pun menghampiri kami agar bergegas kembali ke guest house dan bersiap balik ke Surabaya.

Perjalanan ini diikuti 12 orang termasuk saya sebagai penulis. Diantaranya ada:
6. Endy Hernowo
7. Wihelwina
8. Selvy Rizqia
9. Dian Nur'afalia