Halaman

Selasa, 14 Februari 2017

Taman Nasional Baluran - Africa Van Java (Part 2)

...Setelah asik melihat pemandangan dari atas, akhirnya kami meneruskan perjalanan menuju Pantai Bama di ujung Taman Nasional Baluran. Penasaran dengan ceritanya? Stay tune! :D...

Pantai Bama terletak di sebelah utara Savana Bekol. Waktu yang ditempuh untuk mencapai pantai ini sekitar 20-30 menit, bergantung pada kemampuan menyetir kendaraan pada jalan yang makadam, hehehe. Objek wisata yang cukup menarik di Pantai Bama adalah hutan mangrove yang di sisi timur Pantai Bama. Untuk menikmati hutan mangrove, kami berjalan di “jalan layang” yang terbuat dari beton dimana jalan ini mengarahkan kami menuju gazebo yang terletak di sisi lain Pantai Bama. Gazebo yang tersedia cukup kecil dan berdiri diatas air yang mungkin memiliki kedalaman diatas 2 meter. Kami mencoba memasukkan bilah kayu yang cukup panjang namun belum terasa dasar dari air laut tersebut. Hiiiiyyy. Karena sudah membawa perbekalan dari rumah, akhirnya kami memutuskan untuk gelar tikar di lokasi itu sembari melihat gugusan pohon-pohon mangrove.


Satu alasan lain kami memilih lokasi tersebut untuk santap siang adalah karena di Pantai Bama terdapat habitat kera yang kerap mengganggu pengunjung jika terlihat membawa makanan. Entah kenapa, kera ini sangat peka jika ada pengunjung yang membawa makanan baik snack, makanan berat atau botol minuman. Bukan hanya makanan baru, bungkus sisa-sisa makan juga kerap menjadi sasaran kera. Hal itu terbukti ketika kami kembali ke Pantai Bama dan membawa sisa makanan. Kami langsung dihadang oleh kawanan kera yang sudah siap menyergap makanan kami, hehehe.

Sebenarnya, di Pantai Bama kita dapat melakukan snorkling jika menggunakan perahu menuju tengah laut. Namun sayang sekali ketika kita bertanya kepada petugas disana, kami tidak dapat melakukan kegiatan snorkling, entah kenapa. Akhirnya kami memutuskan untuk bersantai-santai di pinggir pantai saja. Pantai Bama memiliki pasir putih yang cukup halus, garis pantai juga tidak terlalu panjang, namun tetap asik jika digunakan untuk bermain atau sekedar bersantai. Fasilitas yang disediakan juga sudah cukup lengkap, mulai dari warung makan, toilet, mushola, kantor informasi dan terdapat bangunan-bangunan yang menyerupai cottage yang mungkin bisa digunakan untuk menginap.
Pantai Bama
Satu hal unik yang terdapat di Pantai Bama. Sudah saya sebutkan diatas bahwa di pantai ini terdapat banyak sekali kera dan kerap mengganggu wisatawan yang membawa makanan. Namun entah mengapa warung yang tersedia di pantai ini tidak pernah sekalipun didatangi oleh kera-kera tersebut, saya yang mencoba membeli minuman dan duduk di teras warung pun juga tidak diganggu oleh kera-kera di sekitar saya. Mungkin bisa dijadikan alternatif untuk wisatawan lain yang ingin makan atau minum-minum enak tanpa harus diganggu oleh kera, hehehe.
Kantin di Pantai Bama yang Terbebas dari Gangguan Kera
Secara umum Pantai Bama adalah salah satu objek yang wajib dikunjungi jika ke Taman Nasional Baluran. Suasana yang teduh, hutan mangrove yang lebat, pasirnya yang putih serta fasilitas yang cukup memadai bisa menjadi alasan untuk berkunjung ke pantai ini. Apalagi jika kegiatan snorkling bisa dilakukan di pantai ini, akan memberikan nilai lebih untuk pantai ini.

So? Tunggu apa lagi? Kamu ingin merasakan Africa van Java? Ayo datang ke Taman Nasional Baluran! :D
Kapan Mau ke Pantai Bama? Hehe
Ingin tau setelah ini trip kemana lagi? Jangan lupa subscribe ya! :D

Keep #santaidulu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar